Contoh Kumpulan PTK Semua Jenjang SD, SMP, SMA : Belakangan ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) semakin menjadi trend untuk dilakukan oleh para profesional sebagai upaya pemecahan masalah dan peningkatan mutu di berbagai bidang. Awal mulanya, PTK, ditujukan untuk mencari solusi terhadap masalah sosial (pengangguran, kenakalan remaja, dan lain-lain) yang berkembang di masyarakat pada saat itu. 

PTK dilakukan dengan diawali oleh suatu kajian terhadap masalah tersebut secara sistematis. Hal kajian ini kemudian dijadikan dasar untuk mengatasi masalah tersebut. Dalam proses pelaksanaan rencana yang telah disusun, kemudian dilakukan suatu observasi dan evaluasi yang dipakai sebagai masukan untuk melakukan refleksi atas apa yang terjadi pada tahap pelaksanaan. 

Contoh Kumpulan PTK Semua Jenjang SD, SMP, SMA
Contoh Kumpulan PTK Semua Jenjang SD, SMP, SMA

Hasil dari proses refeksi ini kemudian melandasi upaya perbaikan dan peryempurnaan rencana tindakan berikutnya. Tahapan-tahapan di atas dilakukan berulang-ulang dan berkesinambungan sampai suatu kualitas keberhasilan tertentu dapat tercapai.

Dalam bidang pendidikan, khususnya kegiatan pembelajaran, PTK berkembang sebagai suatu penelitian terapan. PTK sangat bermanfaat bagi guru untuk meningkatkan mutu proses dan hasil pembelajaran di kelas. Dengan melaksanakan tahap-tahap PTK, guru dapat menemukan solusi dari masalah yang timbul di kelasnya sendiri, bukan kelas orang lain, dengan menerapkan berbagai ragam teori dan teknik pembelajaran yang relevan secara kreatif. Selain itu sebagai penelitian terapan, disamping guru melaksanakan tugas utamanya mengajar di kelas, tidak perlu harus meninggalkan siswanya. Jadi PTK merupakan suatu penelitian yang mengangkat masalah-masalah aktual yang dihadapi oleh guru di lapangan. Dengan melaksanakan PTK, guru mempunyai peran ganda : praktisi dan peneliti.

Dalam PTK guru dapat meneliti secara mandiri atau bersama dengan tenaga kependidikan yang lain (secara kolaboratif) terhadap proses dan produk pembelajaran secara reflektif di kelas. Dengan PTK, guru dapat memperbaiki praktek-praktek pembelajaran agar lebih efektif. PTK juga dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktek. Alasannya, setelah PTK guru akan memperoleh umpan balik yang sistematik mengenai pembelajaran yang selama ini dilakukan apakah cocok dengan teori belajar mengajar dan dapat diterapkan dengan baik di kelasnya. 

Melalui PTK guru dapat mengadaptasi teori yang ada untuk kepentingan proses dan produk pembelajaran agar lebih efektif dan optimal.

Disini tersedia berbagai macam contoh PTK yang terlampir di bawah ini.
  1. Contoh Laporan PTK Taman Kanak-Kanak.docx
  2. Contoh Laporan PTK IPS Ekonomi.docx
  3. Contoh Laporan PTK PKn.docx
  4. Contoh Laporan PTK Sejarah.docx
  5. Contoh Laporan PTK Sosiologi.docx
  6. Contoh PTK Menggunakan Metode Inkuiri.docx
  7. Contoh PTK Menggunakan Metode Integrasi Permainan.docx
  8. Contoh PTK Menggunakan Metode Layanan Konseling.docx
  9. Contoh PTK Menggunakan Metode Mencari Pasangan.doc
  10. Contoh PTK Menggunakan Metode Pencapaian Konsep.docx
  11. Contoh PTK Menggunakan Metode Praktis Pembelajaran.docx
  12. Contoh PTK Menggunakan Metode STAD.docx
  13. Contoh PTK Menggunakan Metode Tutor Sebaya.docx
  14. Contoh Format Pemantauan PTK.doc
  15. Contoh Format Penliaian PTK.doc
  16. Contoh Format Proposal Peneliitian PTK.docx
  17. Panduan Penyusunan Usulan dan Laporan Penelitian Tindakan Kelas.doc
  18. Penelitian Tindakan Kelas .doc
  19. Sistematika Format Laporan Akhir Hasil PTK.docx
  20. Sistematika Format Usulan Penelitian Tindakan Kelas.doc

Post a Comment

 
Top