Sebelum melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) guru selalu mengecek kehadiran siswa guna mengetahui siswa yang tidak bisa masuk sekolah. Hasil dari mengecek kehadiran siswa tersebut dituangkan dalam buku absensi sebagai pelengkap administrasi di kelas. Setelah akhir semester hasil dari buku absensi direkap guna untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang sering tidak masuk sekolah dengan alasan-alasannya. 

Apikasi Absensi Siswa Otomatis
Apikasi Absensi Siswa Otomatis
Untuk mempermudah bagi bapak.ibu guru dalam megecek kehadiran siswa kini tersedia aplikasi absensi secara otomatis yang bisa digunakan. Dalam aplikasi ini bisa langsung mengecek persentase kehadiran siswa. Cara mengoperasikan aplikasi ini sangat mudah sekali. Cara penggunaanya sebagai berikut :

  1. Pertama setelah dibuka aplikasi, silahkan isi data pada sheet Home untuk kelas, semester, nama kepala sekolah dan nama guru kelas.
  2. Lanjutkan dengan mengisi data siswa dengan menklik tombol data siswa.
  3. Absen harian bulan dengan mengklik nama bulan yang sudah disediakan.
  4. Untuk melakukan absensi silahkan masukan hurup I=izin, S=sakit, dan A=alpa Abstain selebihnya bisa diberi tanda titik.
  5. Persentasi kehadiran disesuaikan dengan jumlah siswa dan hari efektif.


Nah, mudah bukan itulah sedikit gambaran tentang cara pengoperasian aplikasi absensi. Silahkan bapak/ibu guru bisa mencobanya untuk mempermudah dalam pekerjaan. 

Silahkan download aplikasinya di bawah ini !


Post a Comment

 
Top