Contoh RKT (Rencana Kerja Tahunan) SD/MI Terbaru : Pendidikan merupakan salah satu bagian yang sangat penting dalam pembangunan sumber daya manusia, oleh sebab itu sebagai upaya untuk meningkatkan mutu dan pemerataan pendidikan, maka dipandang perlu adanya upaya yang dilaksanakan secara terencana, terarah, dan terpadu untuk menyempurnakan kegiatan-kegiatan sekolah , sehingga penyelenggaraan pendidikan dapat berjalan lebih optimal dan memenuhi harapan semua pihak yang berkepentingan (stakeholders)”. 

Upaya-upaya yang terus bergulir dalam rangka peningkatan kualitas (quality) dan pemerataan kesempatan (equity) pendidikan diantaranya melalui penerapan program wajib belajar 9 tahun, standarisasi kurikulum, proses, ketenagaan, pembiayaan, sarana/prasarana, kompetensi lulusan, penilaian, dan manajemen dan pencitraan publik.

Contoh RKT (Rencana Kerja Tahunan) SD/MI Terbaru
Contoh RKT (Rencana Kerja Tahunan) SD/MI Terbaru
Rencana kerja tahunan ini dibuat dengan maksud untuk memaksimalkan kerja atau kinerja komponen sekolah. RKT ini adalah solusi atas permasalahan klasik yang ada di sekolah. Dengan rencana kerja tahunan atau program kerja sekolah, sekolah berharap ada kemajuan yang bisa dicapai setiap tahunnya demi meningkatkan kualitas sekolah, dimulai dari sarana dan prasarana, manajemen, dan sebagainya.

Maksud pembuatan program kerja  / Rencana Kerja Tahunan ini untuk memberikan gambaran tentang pola kerja dan arah tujuan bagi pengelola sekolah dalam melaksanakan tugasnya pada kurun waktu satu tahun kedepan,sehingga dalam oprasionalnya dapat lebih efektif dan efisien,sehingga pada akhirnya diharapkan dapat meningkatkan mutu 
pendidikan.

Adapun tujuan dari pembuatan Rncana Kerja Tahunan ( RKT ) ini adalah :
  1. Sebagai pedoman dan landasan kerja dalam pelaksanaan program sekolah, sehingga dapat menjamin agar perubahan atau tujuan sekolah yang telah ditetapkan dapatdicapai dengan tingkat kepastian yang tinggi dan resiko yang kecil.
  2. Mengoptimalkan partisipasi warga sekolah dan masyarakat, sehingga semua “Stake Holders “ sekolahmengetahui dan memahami tentang rencana implementasi sekolah. 
  3. Mendukung koordinasi antar pelaku pendidikan di sekolah.
  4. Menjamin terciptanya integrasi, sinkronisasi, dan sinergi baik antar pelaku sekolah, antar sekolah dan dinas pendidikan kabupaten/kota, dan antarwaktu.
  5. Menjamin keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, dan pengawasan.
  6. Menjamin tercapainya penggunaan sumber-daya secara efisien, efektif, berkeadilandan berkelanjutan.
  7. Sebagai dasar dalam melaksanakan monitoring dan evaluasi pada saat berlangsungnya kegiatan dan akhir program.
Untuk lebih jelasnya tentang Rencana Kerja Tahunan (RKT) silahkan download file di bawah ini !

Post a Comment

 
Top