Jenis Kegiatan Pembelajaran Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK) : Pengembangan kognitif adalah suatu proses berpikir berupa kemampuan untuk menghubungkan, menilai dan mempertimbangkan sesuatu. Dapat juga dimaknai sebagai kemampuan untuk memecahkan masalah atau untuk mencipta karya yang dihargai dalam suatu kebudayaan.

Kemampuan kognitif merupakan salah satu dari bidang pengembangan kemampuan dasar yang dipersiapkan oleh guru untuk meningkatkan kemampuan dan kreativitas anak sesuai dengan tahap perkembangannya. Pengembangan kemampuan kognitif bertujuan agar anak mampu mengolah perolehan belajarnya, menemukan bermacam-macam alternatif pemecahan masalah, pengembangan kemampuan logika matematika, pengetahuan ruang dan waktu, kemampuan memilah dan mengelompokkan, dan persiapan pengembangan kemampuan berpikir teliti.
Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK)
Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Kognitif di Taman Kanak-kanak (TK)
Sebelum melaksanakan pembelajaran di kelas, guru harus menyusun Satuan Kegiatan Mingguan (SKM) dan Satuan Kegiatan Harian (SKH). Pedoman pembelajaran Kognitif ini dapat dipergunakan oleh guru sebagai bahan rujukan dengan cara menyesuaikan dengan kemampuan guru, alat peraga yang tersedia, dan perkembangan anak.

Berikut contoh-contoh kegiatan pembelajaran pada bidang pengembangan kognitif di taman Kanak-Kanak yang bisa sahabat-sahabat  unduh sesuai dengan indikator, baik unvuk kelompok A maupun kelompok B.

Kelompok A     
Indikator : 

Kelompok B      
Indikator : 

Baca juga artikel yang lainnya :

Post a Comment

 
Top