Download Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK) : Sudah kita maklumi bahwa usia 4-6 tahun, merupakan masa peka dalam perkembangan aspek berpikir logis anak. Anak mulai sensitif untuk menerima berbagai upaya perkembangan seluruh potensinya. Masa peka adalah masa terjadinya pematangan fungsi-fungsi fisik dan psikis yang siap merespon stimulasi lingkungan dan mengasimilasikan atau menginternalisasikan ke dalam pribadinya. Masa ini merupakan masa awal pengembangkan kemampuan fisik, kognitif, bahasa, sosial emosional, konsep diri, disiplin, kemandirian, seni, moral dan nilai-nilai agama. Oleh karena itu dibutuhkan kondisi dan stimulasi yang sesuai dengan kebutuhan anak agar pertumbuhan dan perkembangannya tercapai secara optimal. Tanda bahwa anak berkembang optimal mengejawantah pada perilaku sehari-hari yang pada gilirannya menjadi kebiasaan hidup.
Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK)
Kegiatan Pembelajaran Bidang Pengembangan Pembiasaan di Taman Kanak-kanak (TK)
Pembiasaan merupakan bagian penting dalam tahapan penalaran prakonvensional dimana anak mula-mula mengembangkan keterampilan hidupnya lebih banyak bergantung pada faktor eksternal. Oleh karena itu, peran orangtua dan guru dalam mengembangkan pembiasaan berperilaku sebagaimana yang dikehendaki (misalnya: disiplin, mandiri) melalui contoh dan tindakan. Sejalan dengan pertumbuhan dan perkembangan anak, tahapan ini akan berangsur-angsur menuju ke tahap konvensional dimana anak mulai mengembangkan nilai pribadi dan menjadikan nilai-nilai tertentu sebagai pemandu perilakunya.

Sehubungan dengan hal di atas, pembiasaan-pembiasaan yang dilakukan di Taman Kanak-kanak diarahkan untuk mengembangkan kecakapan hidup yang bertujuan mengembangkan kemampuan mencintai diri sendiri melalui mengenal, menerima, dan mengarahkan diri; mencintai orang lain melalui bekerjasama dan berkolaborasi, menolong, toleran, dan empatik; hidup produktif melalui penguasaan kecakapan hidup (life skills dan soft skills); serta hidup lebih berbahagia.


Di bawah ini, contoh-contoh kegiatan pembelajaran dalam bidang pengembangan pembiasaan di Taman Kanak-Kanak (TK) yang bisa sahabat-sahabat membumikan pendidikan download.

Bidang Pengambangan Pembiasaan di TK Kelompok A
Indikator ;

Bidang Pengambangan Pembiasaan di TK Kelompok A
Indikator :

Post a Comment

 
Top