Prinsip-prinsip Permainan Berhitung di Taman Kanak-kanak (TK)
  1. Permainan berhitung diberikan secara bertahap, diawali dengan menghitung benda-benda atau pengalaman peristiwa kongkrit yang dialami melalui pengamatan terhadap alam sekiar.
  2. Pengetahuan dan keterampilan pada permainan berhitung diberikan secara bertahap menurut tingkat kesukarannya, misalnya dari kongkrit ke abstrak, mudah ke sukar, dan dari yang sederhana ke yang lebih kompleks.
  3. Permainan berhitung akan berhasil jika anak-anak diberi kesempatan berpartisipasi dan dirangsang untuk menyelesaikan masalah-masalah sendiri.
  4. Permainan berhitung membutuhkan suasana menyenangkan dan memberikan rasa aman serta kebebasan bagi anak. Untuk itu diperlukan alat peraga/media yang sesuai dengan benda sebenarnya (tiruan), menarik dan bervariasi, mudah digunakan dan tidak membahayakan.
  5. Bahasa yang digunakan di dalam pengenalan konsep berhitung seyogyanya bahsa yang sederhana dan jika memungkinkan mengambil contoh yang terdapat di lingkungan sekitar anak.
  6. Dalam permainan berhitung anak dapat dikelompokan sesuai tahap penguasaannya yaitu tahap konsep, masa transisi da lambing.
  7. Dalam mengevaluasi hasil perkembangan anak harus dimulai dari awal sampai akhir kegiatan 
Asiknya Permainan Berhitung di TK/PAUD
Asiknya Permainan Berhitung di TK/PAUD

Ciri-ciri Anak Menyukai Berhitung
  1. Anak mulai menyebutkan bilangan tanpa pemahaman.
  2. Anak mulai menghitung benda-benda yang ada disekitarnya secara sepontan.
  3. Anak mulai membandingkan benda-benda dan peristiwa yang ada disekitarnya.
  4. Anak mulai menjumlah-jumlahkan atau mengurangi angka dan benda-benda yang ada di sekitarnya tanpa disengaja.

Untuk melihat jenis permainan berhitung untuk TK/PAUD silahkan klik

Post a Comment

 
Top