Belajar Mengenal Menulis Membaca Aksara Sunda  : Tulisan di Tatar Sunda mulai dikenal di abad ke-4 masehi pada masa Kerajaan Tarumanagara. Tetapi sayang karya tulis pada naskah-naskah yang asalnya dari jaman Tarumanegara hanya terkenal dari abad ke-4 sampai abad ke7 belum pernah ditemui sampai sekarang, sebab bahan yang dipake menulis itu naskah ditulis di daun, kulit dan kertas yang mudah rusak.

Belajar dan Mengenal Aksara Sunda
Belajar dan Mengenal Aksara Sunda 
Beberapa naskah yang paling tua sekarang masih ada mulanya di antara abad ke-15 sampai abad ke-16, yang bahannya dibuat dari daun nipah/lontar. Itu naskah yang sudah ditemukan sampai ke akhir abad ke-20 tercatat di semua katalog naskah. Berasarkan katalog. 

Bukti-bukti tertulis yang sudah ditemukan di Tatar Sunda bisa dijadikan alat untuk menelusuri asal mula tulisan yang pernah tersebar dan dipake di Tatar Sunda dan sekitarnya. Berdasarkan silsilah tulisan yang ada di Tatar Sunda ditemukan ada 6 (enam) model tulisan yang pernah digunakan oleh masyarakat ialah : tulisan pallawa, Nagari, Jawa Kuno, Sunda Kuno, Arab (pegon, cacarakan (Jawa-sunda), dan latin.

Marilah kita belajar menulis tulisan (aksara) sunda dengan mendownload link di bawah ini 

Post a Comment

 
Top