Download Pelatihan Pendidikan Kepramukaan Bagi Kepala Sekolah

Download Pelatihan Pendidikan Kepramukaan Bagi Kepala Sekolah : Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI Nomor 81A tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum 2013 pada Lampiran III, kegiatan ekstrakurikuler merupakan perangkat  operasional (supplement  dan  complements)  kurikulum  yang  perlu  disusun  dan dituangkan  dalam  rencana kerja tahunan dan kalender pendidikan sekolah.  Hal tersebut dijelaskan pada Pasal  53  ayat  (2) butir

a Peraturan Pemerintah  Nomor  19  Tahun  2005  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013  tentang  Perubahan Atas  Peraturan  Pemerintah  Nomor  19  Tahun 2005  tentang  Standar  Nasional  Pendidikan. Pasal 79 ayat (2) butir b menyatakan bahwa pelaksanaannya  dievaluasi setiap  semester  oleh  satuan pendidikan. 
Bahan Pelatihan Pendidikan Kepramukaan Bagi Kepala Sekolah
Bahan Pelatihan Pendidikan Kepramukaan Bagi Kepala Sekolah
Kepala sekolah sebagai manajer satuan pendidikan menjadi salah satu penentu utama keberhasilan menerapkan kurikulum termasuk dalam melaksanakan kegiatan ekstra kurikuler. Yang menjadi tanggung jawab kepala sekolah adalah mensinergikan seluruh sumber daya yang tersedia pada satuan pendidikan yang dipimpinnya untuk menunjang pelaksanaan kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler sehingga sinergis dalam mendukung keberhasilan dalam pemenuhan standar kompetensi lulusan.

Fokus utama pengembangan efekvititas kepemimpinannya  adalah mewujudkan keunggulan mutu lulusan melalui kegiatan pembelajaran dalam kelas maupun di luar kelas untuk mewujudkan keunggulan mutu lulusan. 

Pendidikan Kepramukaan merupakan bagian tak terpisahkan dari sistem pendidikan. Kepala sekolah perlu mengembangkan perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi yang selalu teruji mutunya. Hal tersebut terkait dengan proses menyiapkan anak bangsa menjadi kader bangsa yang berkualitas baik moral, mental, spiritual, intlelektuan, emosional, maupun fisik dan ketrampilan. Pendidikan Kepramukaan terdiri atas pendidikan wajib Pendidikan Kepramukaan dan kegiatan ekstrakurikuler pramuka. Muara dari Pendidikan wajib Pendidikan Kepramukaan merupakan kegiatan ekstrakurikuler yang wajib diikuti oleh setiap peserta didik mulai dari SD, SMP, SMA/SMK. Kegiatan ekstrakurikuler reguler dilaksanakan dalam aktivitas Gugus depan yang diikuti oleh siswa secara sukarela.

Penilaian hasil belajar peserta didik dalam Pendidikan wajib Pendidikan Kepramukaan harus mendapatkan penilaian dan hasilnya berpengaruh terhadap kenaikan kelas peserta didik. Oleh karena itu pengukuran dan penilaian prestasi belajar peserta didik perlu dihimpun oleh pembina secara berkala. Penilaian terhadap karakter siswa baik dalam sikap spiritual maupun sikap sosial menjadi bagian yang mendapat penekanan.



Referensi Artikel Terkait :


    Subscribe to receive free email updates:

    0 Response to "Download Pelatihan Pendidikan Kepramukaan Bagi Kepala Sekolah"

    Post a Comment